Asal Usul Nama Palabuhanratu

Pasundan142 Dilihat

Asliunda.com – Asal Usul Nama Palabuhanratu – Hai sundanis, Berbicara tentang Pelabuhanratu pasti identik dengan Pantai, atau memang kalian tidak Tahu Pelabuhanratu? Tapi kalau menyebut Nyi Roro Kidul mungkin kalian Tahu, juga Hotel Samudera, yang konon menjadi tempatnya, atau tempat istirahatnya Presiden Pertama, Yaitu Soekarno. Juga Hatta dan Sjahrir, atau malah yang kalian tahu hanya tentang Mak Erot? apalagi tentang asal usul pelabuhanratu?

Sebenarnya Pelabuhanratu adalah Pelabuhan dagang Internasional yang sangat sibuk. Namun itu dulu, salah satu buktinya adalah Gado Bangkong, yang menjadi saksi kejayaan masa lalu.

Namun Sebelum membahas tentang Sejarah Kejayaan Dermaga Pelabuhanratu, Kita Akan bahas dulu asal usul nama pelabuhanratu, atau Sejarah Nama Pelabuhanrtu

Asal Usul Nama Palabuhanratu

Muara Ratu, adalah nama awal Palabuhanratu kemudian sempat menjadi Wijnkooopsbaai Pelabuhanratu. Konon, pada zaman baheula, Palabuhanratu merupakan pelabuhan militer Kerajaan Sunda Pajajaran saat Sunda Kelapa dikuasai Fatahillah.

Nama Muara Ratu, masih tercatat dalam Instruksi Kastil Batavia mengenai rencana ekspedisi wilayah selatan kepada Sersan Scipio dan Letnan Patingi Tanujiwa pada 1687. Namanya kemudian berubah lagi dalam beberapa peta yang dibuat Bangsa Eropa dan disebut Vijnkoopsbaai (dengan huruf “V”).

Asal Usul Palabuhanratu

Selain itu, ada pegunungan yang disebut Vijncoopsbergen, yaitu sebuah perkebunan kelapa dan aren sebagai bahan baku produksi tuak. Daya mabuk tuak ini seperti anggur lho, Gaess.

Baca Juga : Amankah mainan yang digigit?

Karenanya, pelabuhan di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi ini dikenal sebagai pelabuhan yang mengirim tuak kelapa atau aren ini. Hal ini dijelaskan oleh Professor Veth bahwa nama Wijnkoopsbaai berasal dari pedagang bernama Jan Jacobz yang melakukan bisnis anggur di Palabuhanratu pada masa VOC, atau tepatnya pada 1626.

Jika benar, mungkin dialah orang Eropa pertama yang mendatangi Pelabuhanratu. Sementara pendapat lain, AG Voderman menegaskan bahwa nama tersebut berasal dari tuak/anggur kelapa yang ditanam dan dipanen di sekitar pantai, sehingga orang portugis menyebutnya wijncoops mountain, dan jadilah namanya wijnkoopsbaai.

Sedangkan orang Sunda mengenalnya sebagai Palabuan (tanpa huruf “H”), dan orang Belanda menyebutnya Palaboean. Palabuan dalam lingkungan orang sunda sebenarnya tidak hanya terbatas pada pelabuhan perdagangan, tetapi juga tempat berlabuhnya perahu nelayan.

Jadi mungkin juga nama ini sudah sangat lama digunakan, terutama jika membaca kisah-kisah rakyat mengenai “ratu” Pajajaran yang mendirikan kerajaan di sana. Atau versi lain yaitu raja (yang dulu disebut juga ratu) yang sempat berlabuh di sekitar Muara Cimandiri (daerah Bagbagan).

<
p style=”text-align: justify;”>Itulah asal usul nama Palabuhanratu, selanjutnya kita bahas wilayah, dan Kejayaan Dermaga Pelabuhanratu. Cag Hanca…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *