Bali Diguncang Gempa Sebesar 5,8M Menurut BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berita153 Dilihat

Aslisunda.com – Gempa terakhir bermagnitudo M 5,8 menguncang area Pantai Selatan Klungkung, Bali pada Senin (22/8/2022) waktu 15.36 WIB.

Menurut hasil analitis Tubuh Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tektonik ini mempunyai patokan up-date dengan magnitudo M 5,6.

Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si, mengemukakan episenter gempa bumi berada pada koordinat 9,36° LS;115,56° BT, atau persisnya berada di laut pada jarak 47 km arah Selatan Nusapenida, Klungkung, Bali pada kedalaman 134 km.

Disebut oleh Daryono, dengan memerhatikan area episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi sebagai tipe gempa bumi menengah gara-gara tersedianya pekerjaan subduksi lurus.

“Hasil analitis proses sumber memberikan jika gempa bumi mempunyai proses gerakan naik (thrust fault),” kata Daryono dalam info tercatatnya, Senin (22/8/2022).

Selanjutnya, Daryono berucap, gempa bumi ini hari berefek dan dirasa di wilayah Badung, Denpasar, Klungkung, Mataram, Lombok Barat, Lombok tengah, dengan nilai intensif IV MMI (jika di siang hari dirasa oleh banyak orang dalam rumah).

Tidak hanya itu, gempa Bali hari ini dirasa penduduk di wilayah Buleleng, Karangasem, Gianyar, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima dengan nilai intensif III MMI (getaran dirasa fakta dalam rumah. Berasa getaran seolah-olah truk berakhir).

“Hasil pemodelan memberikan jika gempa bumi ini tidak punya potensi tsunami,” ungkapnya.

Daryono menambah, gempa ini hari di Bali sampai waktu 16.00 WIB, hasil pantauan BMKG belum memberikan tersedianya pekerjaan gempa bumi aftershock atau susulan.

Oleh maka itu, penduduk dihimbau biar masih tetap tenang dan tidak dipengaruhi dengan rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Penduduk disuruh biar lolos dari bangunan yang pecah atau hancur disebabkan oleh gempa.

“Check dan yakini bangunan hunian Anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan gara-gara getaran gempa yang merugikan konsistensi bangunan sebelumnya Anda kembali ke rumah,” ujar Daryono.

Gempa Bali mengguncangkan waktu 15.36 WIB, miliki kekuatan M 5,8, tapi BMKG meyakinkan gempa tidak punya potensi tsunami. Untuk mengerti data pastilah perihal informasi gempa bumi, yakini data sah cuman mengambil sumber dari BMKG yang ditebarkan lewat channel komunikasi sah yang sudah terkonfirmasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), blog (https://www.bmkg.go. inatews atau id.bmkg.go.id), telegram kanal (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau lewat Mobile Apps (IOS dan Android): wrs- infobmkg atau bmkg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *