Kagamadok Sumut Gandeng RS Putri Hijau dan BKKBN Gelar Baksos di Lapas Tanjung Gusta Medan

Berita93 Dilihat

MEDAN – MATAKOMPAS.COM – Keluarga Alumni Gajah Mada Kedokteran (Kagamadok) Sumut berkolaborasi dengan Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Medan dan BKKBN gelar kegiatan bakti sosial (Baksos) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA & Lapas Perempuan Kelas IIA Tanjung Gusta Medan, bertempat Jl. Lembaga Pemasyarakatan No.27.(Sabtu,05/02/22). Kegiatan Baksos ini dipimpin langsung Kepala Rumah Sakit Kolonel Ckm dr. M. Irsan Basyroel Sp.KK,FINSDV,M.H.
Kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga binaan yang sedang menjalani masa tahanan di Lapas maupun Rutan yang ada di Indonesia. Acara bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan Serentak yang dilakukan di 47 Lembaga Pemasyarakatan (lapas) dan Rumah Tahanan (rutan) di 30 provinsi se-Indonesia.
dr Tuahman Fr Purba M.Kes, Sp.Anestesi  sangat mengapresiasi kolaborasi kegiatan Baksos di Lapas Tanjung Gusta ini. Beliau juga bangga menjadi bagian dalam kegiatan baksos ini.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan baksos yang luar biasa ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu kesehatan para penghuni Lapas Tanjung Gusta. Dan saya juga turut bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan baksos ini”, ungkap dr Tuahman yang juga sebagai Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sumut.
Bakti Sosial ini bertujuan untuk membantu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas Lapas Tanjung Gusta Medan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, berbagai kegiatan Baksos ini meliputi pemeriksaan kesehatan jantung beserta EKG 100 orang, pemeriksaan Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) 30 orang, pemeriksaan Kulit Kelamin (kulkel) 50 orang, vaksin booster bagi pegawai lapas 170 orang, pemeriksaan laboratorium kadar glukosa darah 100 orang, serta penyuluhan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana bagi warga binaan lapas 100 orang.
Baksos ini terselenggarakan atas kerjasama Rumkit Tk II Putri Hijau dengan berbagai pihak dinatarnya Kagamadok, BKKBN, dan Kemenkumham. Dengan mengambil tema “berkolaborasi untuk mengabdi dengan hati”.
dr Tuahman juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Rumah Sakit Putri Hijau Medan, Kepala BKKBN Sumut, dan Kepala Lapas Tanjung Gusta Medan yang telah turun langsung memastikan Baksos ini berjalan dengan sukses dan lancar.
Hadir dalam kegiatan baksos, Karumkit Tk II Putri Hijau Kolonel Ckm dr. Mhd Irsan Basyroel, Sp.KK,FINSDV, M.H, Ketua Komite Medik Rumkit Tk II Putri Hijau Kolonel Ckm (K) dr. Suvi Novida, M.Kes, Kalapas 1 Medan Erwedi Supriyatno,Bc. IP, S.H, M.H, KA BKKBN Prov.Sumut Mhd Irzal, S.E, M.E, Ketua Kagamadok Sumut dr. Tuahman Fr. Purba, Sp.An, dokter spesialis THT alumni UGM  dr Beresman Sianipar Sp THT, dr Magdalena SpTHT, beserta Dr Arief SpJP spesialis Jantung Dan Paru yg juga Alumni KAGAMA, FINACS dan Beserta Para Panitia dari Rumkit TK II Putri Hijau, BKKBN, Lapas, Kagamadok.
(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *