Latih Siswa Menulis, SMAN 6 Medan Perkuat Gerakan Literasi

Pendidikan78 Dilihat

MEDAN – LIPUTAN68.COM – Dalam rangka memperkuat gerakan literasi sekolah, SMAN 6 Medan melakukan program pelatihan menulis untuk siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan menulis kepada siswa. Sehingga dari kegiatan ini akan muncul nantinya penulis-penulis dari SMAN 6 Medan.
Demikian disampaikan plt Kepala Sekolah SMAN 6 Medan Siti Rahma Lubis, S. Pd, M.Pd kepada awak media saat sedang memantau kegiatan tersebut, Selasa (24/1/2022).
Sebanyak 60 siswa yang telah dinyatakan berminat menulis mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini. Bagi siapa saja siswa yang berminat dengan dunia tulis-menulis dapat mengikuti kegiatan ini.
“Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh sekolah. Dan ini merupakan rangkaian dari program literasi di sekolah. Saya berharap dari kegiatan ini akan muncul penulis-penulis hebat dari SMAN 6 Medan”, ungkap Plt Kepsek.
Tampak hadir dalam pembukaan pelatihan, Wakil Ketua Komite Sekolah Agus Marwan, Bendahara Komite sekolah Dr Dewi Kusuma Nasution,M.Pd, dan Sekretaris Muchdalisa Mileny.
Salam sambutannya, Agus Marwan yang mewakili komite, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Dan berharap agar pelatihan ini dapat menghasilkan produk tulisan-tulisan siswa dalam bentuk buku.
“Kami dari komite sekolah sangat mengapresiasi pelatihan ini. Kami berharap ini tidak berhenti disini saja, tapi karya-karya siswa nantinya dapat diterbitkan secara bersama”, ungkap Agus Marwan yang juga mantan Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Sumut ini.
Lanjut Agus Marwan, literasi saat ini sebuah keniscayaan, karena dalam kehidupan sehari-hari, literasi telah menjadi kunci untuk kehidupan.
“Literasi itu tidak saja terkait kemampuan membaca dan menulis, namun literasi itu merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk mencari informasi, menggali, menginldentifikasi, menganalisis, dan menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari”, terang Agus Marwan.
Agus juga menambahkan, di era revolusi 4.0 ini, siswa harus dibekali dengan ketrampilan literasi digital. Sehingga diharapkan sekolah dapat memfasilitasi para siswa untuk dapat mengembangkan skill digitalnya.
Secara terpisah, Ketua Komite SMAN 6 Medan Rahman Tahir, S.Sos, M.IP akan terus mendukung program-program positif yang direncanakan oleh plt kepsek. Terlebih dengan program literasi sekolah ini.
“Saya selalu Ketua komite mendukung kegiatan semacam ini. Karena ketrampilan literasi kita ini masih sangat rendah. Jadi harus ada upaya-upaya untuk menjawab persoalan tersebut. Dan saat ini kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, kita harus bekerjasama dan berkolaborasi dengan banyak pihak”, ungkap Rahmat Tahir kandidat Doktor USU ini.
Pelatihan ini menghadirkan narasumber Gelora Muda Lubis seorang pendidik dan penulis handal dari Kota Medan.
(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *