Salakanagara : Kerajaan Sunda Kuno

Pasundan245 Dilihat

Aslisunda.com – Salakanagara : Kerajaan Sunda Kuno Pandeglang menyajikan banyak riwayat yang bagus sekali untuk di cermat. Satu diantaranya riwayat Kerajaan Salakanagara. Cihunjuran, Citaman, Pulosari dan Ujung Kulon sebagai beberapa tempat yang simpan banyak situs mengenai Salakanagara.

Di Cihunjuran misalkan, di tengah-tengah bentangan pesawahan ada banyak batu-batuan purba dan kolam-kolam pemandian purba persisnya jaman Megalitikum.

Tidak cuma bebatuan dan kolam-kolam purba yang menambahkan menariknya Cihunjuran, penyemayaman Accu Tirem Mulia Mulia atau yang lebih dikenali oleh warga di tempat bernama Angling Dharma dalam nama Hindu dan Wali Jangkung dalam nama Islam yang ukuran tidak seperti penyemayaman secara umum makin menambahkan eksotisme riwayat pada tempat itu.

Batu Dolmen, timbunan menhir yang dihimpun oleh masyarakat di tempat, Batu Dakon dan Batu Peta yang sampai sekarang ini tidak ada seseorang juga yang bisa mengartikan isi peta itu makin menambahkan eksotisme nilai riwayat yang berada di situs Cihunjuran.

Salakanagara : Kerajaan Sunda Kuno

Ditengah-tengah rasa ketakjuban dan keinginantahuan pada eksotisme riwayat warisan Salakanagara rasa keinginantahuan itu juga terpenuhi karena ada info dari salah satunya pembicara sekalian figur warga di tempat. Bapak Entong demikianlah panggilan dekat bapak yang diprediksi umurnya di atas 60 tahun itu. Berikut sejumlah info dari beliau.

  1. Kerajaan Salakanagara Ada Semenjak Era Ke 1 (satu) Kerajaan Salakanagara sebagai kerajaan paling tua yang berada di Nusantara. Raja pertama Kerajaan itu ialah Dewawarman. Dewawarman sebagai duta dari Kerajaan India yang diutus ke Nusantara (Pulau Jawa), selanjutnya Dewawarman dinikahkan oleh Accu Tirem Mulia Mulia dengan Putrinya yang namanya Larasati Sri Pohaci, karena itu sesudah Dewawarman jadi menantu dari Accu Tirem Mulia Mulia diangkatlah Dewawarman jadi Raja I (pertama) yang menanggung pucuk kekuasaan Kerajaan Salakanagara. Saat jadi Raja Dewawarman I dikukuhkan bernama Prabhu Dharmalokapala Dewawarman Haji Raksagapurasagara. Kerajaan Salakanagara beribukota di Rajatapura yang sampai tahun 363 jadi pusat Pemerintahaan Beberapa raja Dewawarman (dari Dewawarman I-VIII).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *