Tips Agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Alot

Artikel85 Dilihat

Tips Agar Sate Kambing Empuk tidak Alot – Sate kambing adalah salah satu hidangan yang paling banyak digemari saat Hari Raya Iduladha. Pembuatannya mudah, mengasyikkan dan rasanya sangat lezat.

Berbeda dengan daging sapi, daging kambing dikenal alot dan bau prengus, sehingga memasak sate kambing harus dengan teknik yang benar.

Berikut tips membakar sate kambing agar tidak alot dan bau prengus dilengkapi dengan bumbunya.

1. Iris daging tidak terlalu tebal

Mengiris daging kambing untuk sate disarankan untuk tidak terlalu tebal, namun juga jangan terlalu tipis agar tidak gosong saat dibakar.

Daging kambing sebaiknya dibersihkan dari lemak-lemak yang menyelimutinya. Setelah itu dipotong berlawanan arah dengan serat agar mudah terurai.

2. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dikenal mampu membuat daging menjadi empuk termasuk daging kambing. Caranya, daging yang telah dipotong dibungkus dengan daun pepaya dan diamkan selama 30 menit.

Baca Juga :

3. Rendam dengan air kelapa

Selain dengan daun pepaya, mengempukkan daging kambing juga bisa menggunakan air kelapa. Selain membuat sate kambing tidak alot, merendam dengan air kelapa juga dapat menghilangkan bau prengus khas.

4. Marinasi dengan bumbu sate

Teknik marinasi dinilai sangat penting dalam membuat sate kambing menjadi empuk dan tidak bau prengus. Selain itu, bumbu juga akan lebih meresap ke dalam daging.

Berikut bumbu sate kambing yang cocok untuk teknik marinasi.

3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt ketumbar halus
1/2 sdt merica bubuk
Kecap manis secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Air perasan jeruk nipis secukupnya
Campur bumbu-bumbu di atas dengan daging dan diamkan dalam wadah selama 30 menit hingga 1 jam.

5. Tambahkan lemak pada tusukan sate

Lemak adalah bahan pelengkap sate kambing yang dapat menambah cita rasa sedap. Selain itu, tekstur lemak yang empuk dan kenyal juga akan membuat sate kambing menjadi tidak terlalu alot.

6. Bakar dengan api kecil

Pastikan menjaga api agar tidak terlalu besar. Api yang besar akan membuat daging cepat gosong namun area dalam dipastikan masih mentah.

Seringkali itulah penyebab sate kambing alot dan tidak matang. Bakar sate dengan api kecil dan rajin-rajin membolak-balikkannya. Semoga berhasil!

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *